Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mempercepat Haid (Datang Bulan) Yang Mudah Dan Alami

cara mempercepat haid

Siklus menstruasi atau yang sering disebut haid merupakan siklus bulanan yang akan selalu ditunggu-tunggu. Wanita yang normal dan sehat tentu akan secara teratur mendapatkan menstruasi ini, terutama di masa-masa subur mereka. Namun meski pada awalnya siklus haid ini datang teratur, bisa saja di waktu-waktu tertentu haid justru tidak teratur atau bahkan terlambat. Hal ini cukup banyak dialami oleh wanita, di mana jadwal haid mereka tidak lagi sesuai dan bahkan sering datang terlambat dari biasanya.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman dan khawatir, siklus seperti ini kerap dibarengi dengan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi setiap harinya.

Penyebab Terlambat Haid

Pada dasarnya, setiap wanita tentu ingin haid yang teratur dan sesuai dengan jadwal, sehingga berbagai rasa kurang nyaman bisa dihindari. Namun di dalam kenyataannya, ada banyak hal yang mungkin saja menyebabkan haid menjadi terlambat, seperti:

  • Tingginya tingkat stres yang dialami, bisa diakibatkan oleh pekerjaan atau bahkan hal lainnya.
  • Kurang istiharat dan terlalu letih sepanjang hari.
  • Melakukan berbagai olahraga yang begitu melelahkan dan menguras banyak tenaga.
  • Tidak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dan juga kafein.
  • Tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.
  • Mengkonsumsi produk KB dan juga obat-obatan lainnya yang mempengaruhi siklus haid.
  • Kekuarangan zat besi.
  • Mengalami masalah hormon dan yang lainnya.

Berbagai penyebab di atas kerap terjadi tanpa disadari, sebab kebanyakan bahkan tidak menimbulkan berbagai masalah yang dianggap serius oleh para wanita. Namun jika haid selalu terlambat dan tidak datang teratur, maka hal ini tentu sangat mungkin memberikan rasa tidak nyaman dan berbagai gangguan lainnya pada tubuh.

Cara Mempercepat Haid Dengan Bahan Alami

Selain mengunjungi dokter, ada banyak cara mempercepat haid yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun meski begitu, penting untuk memilih cara yang paling tepat, agar hal ini tidak membawa masalah lainnya di dalam tubuh. Bagaimanapun juga, kesehatan tubuh secara keseluruhan tentu menjadi hal penting yang tak bisa diabaikan, bukan?
Simak beberapa cara mempercepat haid berikut ini, yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman bagi tubuh:

1. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C

cara mempercepat haid dengan mengkonsumbi buah yang mengandung vitamin c

Vitamin C menjadi salah satu zat yang bisa melancarkan peredaran darah, di mana darah menjadi lebih encer dan tidak mengalami pengentalan. Selain itu, vitamin C juga bisa merangsang uterus agar mengalami konstraksi dan segera mempercepat proses menstruasi, sehingga haid menjadi lebih cepat datang. Ada banyak sumber vitamin C yang bisa dijadikan sebagai pilihan, termasuk sejumlah buah-buahan yang lezat dan menyehatkan, seperti: jeruk, apel, strawberri, tomat, jambu biji, cabai, dan yang lainnya. Konsumsilah vitamin C dalam jumlah yang cukup, sehingga haid menjadi lebih cepat.

2. Melakukan olahraga secara teratur

Tubuh yang kurang bugar dan tidak fit juga cenderung mengalami keterlambatan menstruasi. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kurang lancarnya peredaran darah di dalam tubuh. Lakukan olahraga secara teratur, agar kondisi tubuh menjadi fit dan selalu bugar. Jika memiliki kesibukan yang tinggi, pilih jenis olahraga yang tidak begitu melelahkan dan mudah untuk dilakukan, seperti: jogging, yoga, atau bahkan beberapa gerakan senam seperti zumba dan yang lainnya.

3. Hindari kafein

cara mempercepat haid dengan menghindari mengkonsumsi kafein

Selain membuat cairan di dalam tubuh menjadi berkurang, kafein juga bisa menimbulkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Kopi dan teh adalah minuman populer yang banyak diminati, meskipun kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang cukup tinggi. Hindari konsumsi kafein yang berlebihan, sebab hal ini bisa membuat haid selalu terlambat.

4. Mengkonsumsi kunyit + lemon

Kunyit dan lemon memiliki kandungan antioksidan dan juga anti infeksi yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain meningkatkan imun, campuran keduanya juga bisa mempercepat haid. Parut 3 ruas kunyit yang tua, lalu saring menjadi setengah gelas cairan kunyit. Tambahkan perasan ¼ buah lemon ke dalamnya. Jika diinginkan, tambahkan juga satu sendok madu murni. Minum cairan ini sekali sehari, agar haid menjadi lebih cepat dan lancar.

5. Istirahat dengan cukup dan teratur

Jam tidur yang tidak teratur dan tidak mencukupi merupakan salah satu penyebab haid yang datang terlambat dan tidak lancar. Hindari kebiasaan buruk seperti ini, terutama jika memiliki tingkat kesibukan yang tinggi setiap hari. Istirahat lebih awal dan cukup (setidaknya 7-8 jam) setiap malamnya, akan membantu mempercepat haid secara alami. Selain tubuh yang lebih sehat, siklus haid juga akan menjadi lebih teratur.

6. Hindari alkohol

cara mempercepat haid dengan hindari alkohol

Hindari alkohol, bahkan dalam jumlah yang sedikit sekalipun. Berbagai minuman berolkohol bisa membuat berbagai masalah bagi kesehatan, termasuk siklus haid yang menjadi tidak teratur. Jika ingin mempercepat haid, hindari berbagai minuman seperti ini.

7. Makan sayuran yang mengandung zat besi

Konsumsilah berbagai sayuran sehat dan mengandung banyak zat besi, sebab jenis sayuran ini bisa mempercepat haid. Ada banyak jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai pilihan, antara lain: brokoli, bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan yang lainnya.

8. Hindari olahraga kardio yang menguras tenaga

Berolahraga memang baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika berlebihan, maka hal ini bisa saja menimbulkan berbagai dampak buruk, termasuk haid yang selalu datang terlambat. Untuk mempercepat haid, hindari berbagai olehraga kardio yang melelahkan dan menguras banyak tenaga.

9. Minum air putih dalam jumlah cukup

cara mempercepat haid dengan minum air putih yang cukup

 

Air putih akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh, termasuk mengatasi pengentalan darah. Konsumsi minimal 8 gelas air setiap harinya, agar haid menjadi lebih cepat dan lancar.

10. Hindari obat-obatan yang mempengaruhi siklus haid

Selain produk KB, sejumlah obat-obatan lainnya juga sangat mungkin membuat haid menjadi tidak teratur, seperti: obat alergi, antidepresan, dan yang lainnya. Untuk mempercepat haid, hindari berbagai oba-obatan ini.

11. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh menjadi rileks dan aliran darah menjadi lebih lancar. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh, termasuk mempercepat datangnya haid.

12. Hindari stres

Stres adalah salah satu penyebab utama terlambatnya haid, di mana tubuh tidak rileks dan tenang. Hindari berbagai pemicu stres ini dengan baik, sehingga pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh, termasuk mempercepat haid.

Miliki kebiasaan sehat yang mudah dan menyenangkan
Ada banyak hal yang mungkin terjadi dan membuat haid terlambat, beberapa di antaranya adalah kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Selain mengkonsumsi berbagai makanan sehat, miliki juga berbagai kebiasaan sehat dan seimbang, sehingga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Cara mempercepat haid tidak selalu menggunakan obat-obatan. Ada banyak cara simpel dan aman yang bisa dilakukan untuk membuat haid teratur dan selalu lancar.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.