Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Ampuh Dan Terbukti Manjur

cara mengatasi anak susah makanMemiliki anak yang mulai tumbuh besar merupakan salah satu kebahagiaan yang tak terkira bagi orangtua. Hal ini tentu akan jauh lebih membahagiakan, jika ternyata anak tumbuh sehat dan tidak kekurangan apapun. Untuk sebagian besar orangtua, melihat perkembangan anaknya dari waktu ke waktu tentu akan selalu menjadi hal yang menyenangkan. Selain menjaga kondisi kesehatannya, memberinya nutrisi yang cukup tentu akan menjadi hal wajib yang tidak bisa diabaikan. Bagaimanapun juga, untuk tumbuh sehat dan pintar anak-anak tentu akan membutuhkan asupan makanan terbaik, bukan?

Pada kenyataannya, sebagian besar anak justru mengalami masalah makan, di mana mereka malas dan terbilang sulit untuk diberi makan. Sementara di lain sisi, berbagai nutrisi yang terdapat di dalam makanan ini justru sangat dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Bagi orangtua, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Meski terbilang sepele, masalah anak sulit makan tentu patut menjadi perhatian khusus bagi setiap orangtua, mengingat hal ini akan sangat berpengaruh di dalam tumbuh kembang anak itu sendiri. Jangan sampai anak mengalami berbagai masalah kesehatan dan juga kendala di dalam pertumbuhannya, hanya karena tidak mendapatkan nustrisi yang mencukupi setiap harinya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Mudah

Setiap orangtua harus memahami dengan baik cara mengatasi anak susah makan. Hal ini penting, untuk menjaga kesehatan dan juga angka kecukupan gizi sang anak. Jika sejak awal anak bisa mendapatkan nutrisi yang memadai dari makanan yang dikonsumsinya, maka tumbuh kembangnya juga tentu akan menjadi lebih maksimal.
Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan, yang mudah dan efektif untuk dilakukan:

1. Siapkan menu yang lebih variatif

cara mengatasi anak susah makan dengan menyiapakan makanan yang variatif

Menu makanan yang itu-itu saja tentu akan terasa membosankan. Bukan hanya bagi anak-anak saja, namun hal ini juga tidak akan memberi selera makan yang baik jika dihadapi oleh orang dewasa. Hindari kebosanan ini dengan tepat, yakni dengan menyediakan menu yang variatif setiap harinya. Cobalah mencari informasi tentang berbagai menu makanan terbaik dan menarik bagi anak-anak, lalu mulailah kreasikan menu-menu tersebut untuk anak. Hal ini akan membuatnya lebih antusias untuk makan, sehingga urusan makan bukan lagi menjadi sebuah hal yang sulit untuk dilakukan.

2. Buat makan menjadi hal yang menyenangkan

Jangan membiasakan anak merasa “takut” ketika menghadapi jam makannya, sebab hal ini akan membuatnya menjadi lebih sulit untuk makan. Buatlah acara makan ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuknya, di mana anak bisa lebih santai dan tidak merasa terpaksa untuk melakukannya.

3. Beri makan secara bertahap

cara mengatasi anak susah makan dengan beri makan secara bertahap

Memberi makan anak sekaligus dalam jumlah yang banyak merupakan hal yang tidak tepat dan pada umumnya akan terasa sulit untuk dilakukan. Anak-anak tentu akan berbeda dengan orangtua, di mana mereka bisa saja tidak terbiasa dengan makanan yang banyak dan hanya 3 kali dalam sehari. Agar tidak menjadi masalah yang sulit, biasakan untuk memberi anak makan secara bertahap. Makan sedikit (dalam porsi kecil) dan beberapa kali dalam sehari akan menjadi lebih mudah, daripada makan sekaligus dalam jumlah yang banyak. Anak-anak akan lebih menikmati makananya, jika diberikan dalam porsi yang tidak terlalu besar, sehingga urusan makan ini tidak akan menjadi sesuatu yang mereka takutkan.

4. Makan bersama dan berikan contoh yang tepat

Memberikan contoh langsung akan jauh lebih mudah dan membuat anak mengerti dengan cepat, daripada memintanya melakukan sesuatu dengan cara menyuruhnya. Hal yang sama juga berlaku ketika makan. Hindari untuk selalu menyuruh anak makan, terutama di saat-saat mereka memang terbilang sangat sulit untuk melakukannya. Tunjukkan pada anak mengapa dan bagaimana kita harus makan, yakni dengan mengajak anak makan bersama. Siapkan makanannya dan biarkan anak melihat bagiamana orangtuanya makan, sehingga mereka mengerti dan bisa makan dengan sendirinya tanpa dipaksa. Hal ini akan sangat efektif dan membuat anak menjadi lebih mandiri.

5. Siapkan camilan sehat yang juga mengenyangkan

cara mengatasi anak susah makan siapkan makanan yang mengenyangkan

Cara mengatasi anak yang susah makan berikutnya adalah dengan camilan. Jika makanan berat menjadi hal yang sulit untuk diberikan secara berulang (dalam porsi banyak), maka jangan lupa untuk menyiapkan makanan tambahan yang baik bagi anak-anak. Hal ini penting, terutama jika anak hanya mendapatkan porsi makan yang sedikit dari makanan utamanya. Pilih dan siapkan camilan sehat yang disukai anak-anak, agar mereka bisa memakannya di sela-sela jam makan mereka.

6. Buat jam makan yang teratur, sehingga menjadi sebuah kebiasaan

Hindari jam makan yang berantakan dan tidak teratur, sebab hal ini akan membuat anak sulit untuk makan dengan disiplin. Selain itu, berbagai aktifitas anak sangat mungkin membuat mereka malas untuk makan. Biasakan untuk membuat jam makan tetap bagi anak-anak, di mana meraka makan di saat mereka sudah lapar. Hal ini memudahkan untuk menyesuaikan hal lainnya, seperti jam tidur serta bermainnya. Saat awal-awal membuat jam makan ini mungkin akan terasa sulit, namun lama ke lamaan anak akan terbiasa dan bisa mengikutinya dengan mudah.

7. Ciptakan susana makan yang lebih menyenangkan

Makan di ruang makan mungkin akan menjadi hal yang membosankan, terutama untuk anak-anak yang masih kecil. Agar rutinitas makan tidak menjadi hal yang membosankan, maka sesekali upayakan untuk memberi makan anak dengan nuansa yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan makan di area taman sambil duduk di ayunan kecil miliknya. Selain menyenangkan, hal ini juga akan membuat anak lebih mudah makan.

8. Berikan pilihan menu kreatif dan buat anak memutuskannya

cara mengatasi anak susah makan dengan pilihan menu yang kreatif

Libatkan juga anak dalam membuat menu makannya, agar mereka mengerti apa saja yang akan dimakannya. Rencanakan dan siapkanlah beberapa menu pilihan yang sesuai untuk anak, lalu tawarkan kepada mereka, sehingga mereka memilihnya. Hal ini akan membuat anak lebih aktif dan memiliki inisiatif untuk menyampaikan apa saja yang ingin mereka makan, dan tentu saja membuat merka lebih mudah makan.

9. Hindari pertengkaran di saat makan

Jangan biasakan memaksa anak untuk makan, sebab hal ini akan membuat mereka stres dan tidak menikmati makanan mereka dengan baik. Bukan hanya itu saja, pertengkaran di saat makan juga bisa menimbulkan trauma bagi anak.

10. Tanyakan seleranya dan sesuaikan dengan kebutuhan gizinya

Sesekali tanyakan juga pada anak makanan apa yang ingin dimakannya, dan sesuaikan hal ini dengan kebutuhan nustrisnya. Siapkan makanan yang diinginkan anak, agar anak menjadi lebih mudah makan.
Biasakan sejak dini
Anak yang sulit makan tentu sudah menjadi hal yang sangat biasa dan banyak dihadapi oleh orangtua. Hindari kondisi seperti ini dengan tepat, yakni dengan cara membiasakan anak makan dengan baik sejak dini. Selain itu, lakukan juga cara-cara yang bisa membuat anak menjadi lebih mudah makan, agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi dengan baik.

Hindari masalah anak sulit makan dengan langkah yang tepat. Ada banyak cara mengatasi anak susah makan yang bisa diterapkan, beberapa di antaranya bahkan begitu mudah dan akan terasa menyenangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.