Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi Yang Aman, Ampuh Dan Alami

cara mengatasi batuk berdahak pada bayi

Batuk berdahak bisa dialami siapa saja, tidak terkecuali pada bayi. Sementara itu, jenis batuknya sendiri ada 2, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Untuk batuk kering akan membuat tenggorokan terasa gatal, begitu juga batuk berdahak yang rasa gatalnya akan semakin parah sebab ada lendir di dalam tenggorokan.

Ini Dia Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi

Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk berdahak pada bayi yang aman dan alami? Berikut ulasannya.

1. Menjemur bayi di bawah sinar matahari

Sinar matahari khususnya saat pagi hari memang bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi. Anda bisa menjemur bayi pada agar bisa mengurangi batuknya, ini akan membuatnya menjadi merasa nyaman. Sebelum menjemur, jangan lupa untuk memandikannya terlebih dahulu. Selain bisa membuatnya nyaman, sinar matahari juga bisa memberikan asupan vitamin D secara alami pada bayi.

Posisikanlah bayi tengkurap dalam pangkuan Anda, kemudian pijatlah secara lembut bagian punggugnya. Beberapa bayi biasanya akan langsung mengeluarkan dahak saat itu juga. Dengan begitu pernapasan bayi akan nyaman dan tidak terhalang oleh adanya dahak.

2. Uap bayi menggunakan minyak esensial

cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan uap minyak esensial

Cara alami selanjutnya adalah dengan melakukan uap pada bayi namun menggunakan minyak esensial. Namun sayangnya, cara ini tidak bisa Anda lakukan sama seperti halnya pada orang dewasa. Untuk bayi, Anda bisa coba meneteskan minyak esensial pada air panas yang ada di dalam baskom. Uapnya tersebut akan langsung tercampur dengan minyak esensial. Setelah itu, gendonglah bayi dan tutup rapat kamar mandi agar uapnya tidak keluar. Ketika proses tersebut, bayi akan batuk untuk mengeluarkan dahak.

3. Mengkonsumsi bawang putih untuk ibu yang menyusui

Anda juga bisa membantu mengatasi batuk berdahak pada bayi lewat ASI yang Anda berikan. Caranya adalah dengan memakan bawang putih yang mentah atau bisa juga kaldu bawang putih. Dengan begitu nantinya akan tersalurkan pada bayi lewat ASI. Ini bisa membantu mengatasi kekebalan tubuh bayi secara alami.

4. Cobalah memijat dada bayi untuk mendorong dahak

cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan memijat dada bayi

Batuk berdahak pada bayi bisa mengakibatkan ia mengalami nyeri pada dada. Bahkan terkadang rasa nyerinya juga bisa menjalar hingga ke area perut. Itu tentunya akan sangat mengganggu kenyamanannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa coba memijat bagian dada bayi, punggung dan perutnya, ini sangat berguna untuk mendorong dahak bayi agar keluar. Coba juga memijatnya menggunakan minyak kelapa atau minyak esensial.

5. Memijat bayi menggunakan daun kemangi

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi juga bisa dengan pijatan. Bayi yang mengalami batuk tidak akan bisa mengatasi dirinya sendiri. Pernapasannya akan terhalang dan ia bisa saja sulit bernapas bahkan menyusui pun akan terasa tidak nyaman. Sebagai orang tua, Anda harus segera mengatasinya. Memijat bayi menggunakan daun kemangi bisa menjadi salah satu caranya. Aroma yang diberikan oleh daung kemangi serta senyawa yang ada di dalamnya mampu membuat batuk reda kembali dan bisa mendorong bayi untuk mengeluarkan dahaknya.

Caranya, pertama Anda bisa mengambil 4-5 lembar daun kemangi yang masih segar, lalu cuci menggunakan air mengalir sampai bersih. Hancurkanlah daunnya menggunakan tangan. Pijatlah bagian dada dan punggung bayi menggunakan daun kemangi secara lembut. Sebaiknya, Anda juga hindari memberikan daunnya terlalu banyak pada tubuh bayi karena hal tersebut malah akan menimbulkan efek panas pada kulitnya.

6. Pijatlah bayi menggunakan bawang merah

cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu rempah yang biasa ada di dapur dan cukup sering digunakan sebagai bumbu dasar ketika memasak. Kandungan kimia yang ada di dalam mewah mampu meringankan batuk dan juga melegakan tenggorokan bayi. Namun, Anda tidak boleh memberikannya untuk dimakan oleh bayi ya.

Cukup memijatnya menggunakan bawang merah saja.
Pertama-tama, hancurkan bawang merah yang sudah Anda kupas, kemudian cuci dan parut agar halus. Tambahkan air hangat, kemudian pijat dada dan punggung bayi menggunakan ramuan tersebut. Jangan terlalu menempelkan bawangnya terlalu banyak ya, karena itu malah akan menimbulkan efek panas pada tubuh.

7. Buatlah temat istirahat bayi terasa lebih nyaman

Tempat beristirahat bayi sangatlah penting, apalagi seorang bayi harus bisa beristirahat senyaman mungkin. Cobalah membuat tempat istirahatnya mengadili lebih nyaman, ini secara alami bisa mengurangi batuk berdahak yang sedang dialaminya.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan misalnya dengan menggunakan perlengkapan tidurnya, sehingga ia merasa lebih nyaman. Coba untuk melakukan sesering mungkin saat ia mengalami batuk. Bukalah jendela kamarnya saat ia bangun pada pagi hari sehingga ia bisa mendapatkan udara yang segar yang langsung masuk ke dalam kamarnya. Bila ada benda yang bisa memicu batuk pada bayi, sebaiknya segeralah keluarkan. Misalnya saja seperti boneka atau benda berdebu lainnya. Anda juga bisa coba memasangkan humidifier agar bisa membuat udara yang ada di dalam kamarnya menjadi terasa lebih nyaman lagi.

8. Memijat bayi menggunakan sari bawang putih

cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan sari bawang putih

Proses memijat bayi memang bisa membantunya merasa lebih nyaman terutama bila sedang mengalami batuk berdahak. Cara pemijatan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memijatnya menggunakan sari bawang putih. Pertama, Anda bisa sangria bawang putih tanpa minyak. Bila sudah mengeluarkan aroma wangi, angkat dan hancurkanlah menggunakan tangan. Tidak lama, bawang putih akan mengeluarkan cairan minyak. Nah, gunakan cairan tersebut untuk memijat bagian dada bayi atau bisa juga punggungnya.

9. Meletakan kain handuk yang sudah diberikan minyak kayu putih di ruangan

Ini juga merupakan salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Bila mengoleskan kulit bayi menggunakan minyak kayu putih langsung mungkin akan sedikit terasa panas. Namun biarpun begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk membuat batuk berdahaknya sedikit mereda.

Caranya adalah dengan memberikan tetesan minyak kayu putih ke handuk lembut. Setelah itu, letakanlah kainnya di ruangan tempat bayi tidur. Namun ingat jauhkan dari jangkauan bayi agar termakan olehnya. Cara ini bisa membuat bayi tidur dengan nyaman dan pulas. Wangi yang keluar dari minyak kayu putih akan sangat menyengarkan tenggorokan dan pernapasan.

10. Meninggikan bantalan bayi

Saat bayi sedang mengalami batuk berdahak, pernapasan akan sangat terganggu. Anda bisa coba mengubah posisi bantalnya agak lebih tinggi. Ini sangat berguna untuk menurunkan lendir, apalagi bila bayi juga mengalami pilek. Posisi tidur dengan bantalan yang lebih tinggi akan membuat jalur penapasannya menjadi lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Cara-cara di bisa ampuh mengatasi masalah pada pernapasan yang terganggu karena batuk berdahak. Namun, bila ternyata dalam waktu lebih dari 1 minggu keadaan bayi tidak kunjung membaik, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.