Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Dan Kering Yang Terbukti Ampuh

cara mengatasi bibir pecah pecah
Bibir pecah pecah disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak hanya dari pengaruh lingkungan ataupun kebiasaan. Mengalami bibir yang pecah-pecah atau cenderung kering biasanya banyak membuat para wanita menjadi kurang percaya diri. Masalah bibir pecah-pecah ini juga membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan pelembab memang banyak disarankan.
Akan tetapi, untuk menggunakan pelembab secara terus menerus juga harus memerhatikan berbagai hal seperti kenyamanan dan efek samping dari pelembab tersebut bila digunakan dalam waktu yang lama. Pentingnya mengembalikan kelembaban bibir bisa dilakukan dengan cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan bahan alami tradisional.

Apa saja cara mengatasi bibir pecah pecah? Yuk kita simak.

Menggunakan produk atau kosmetik berbahan dasar kimia jelas mempunyai efek samping pada bibir. Sebagai alternatif, cara mengatasi bibir pecah pecah bisa Anda terapkan, disamping mudah penggunaanya sekaligus aman. Berikut ini adalah beberapa cara agar bibir tidak kering dan pecah-pecah menggunakan bahan rumahan. Antara lain:

1. Usahakan Konsumsi Air Putih

Bibir pecah-pecah bisa disebabkan karena mengalami dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya cukupi kebutuhan konsumsi air mineral setiap harinya untuk mencegah kulit kering dan bibir pecah-pecah.

2. Madu

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan madu

Madu banyak digunakan sebagai pelembab alami bibir sejak zaman dulu. Madu juga diperkaya kandungan antibakteri yang membantu bibir menangkal efek dari radikal bebas serta pengaruh karena penggunaan kosmetik yang berlebihan. Bila anda termasuk pengguna lipbalm maupun lipstick selama satu hari penuh, sebaiknya oleskan madu setiap pagi dan malam untuk menjaga kelembababn bibir.

3. Masker Mawar dan Susu

Bunga mawar mengandung antiseptik dan mampu memberikan kesegaran untuk bibir yang kering dan pecah-pecah. Manfaat lain dari mawar juga bisa mengembalikan warna bibir yang gelap karena pengaruh rokok ataupun kosmetik. Untuk membuat masker mawar diperlukan satu buah bunga mawar merah atau mawar putih. Ambil mahkota bunga mawar tersebut dan cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan susu cair dan campurkan pasta mawar yang telah dibuat sebelumnya. Oleskan masker mawar dan susu pada bibir secara rutin setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak Kelapa

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan minyak kelapa

Minyak kelapa diperkaya kandungan asam lemak yang mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan minyak kelapa ini juga mudah karena hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secara rutin sebelum tidur untuk mengembalikan kelembaban alami bibir.

5. Mentimun

Efek menyegarkan dari mentimun memang tidak hanya berguna saat musim panas tiba. Mentimun juga bisa menjadi bahan terbaik untuk membantu mengatasi bibir pecah-pecah sekaligus sebagai pencerah kulit bibir secara alami. Untuk menggunakan mentimun sebagai obat bibir pecah-pecah bisa dilakukan dengan menghaluskan mentimun dan menggunakannya seperti masker. Cara kedua adalah dengan mengiris mentimun dan langsung mengoleskan bagian daging mentimun pada bibir dan bilas setelah 15 menit.

6. Gel Lidah Buaya

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung senyawa alami untuk menjaga kelembaban bibir. Selain bibir pecah-pecah, masalah bibir yang seringkali mengalami pendarahan juga bisa diatasi menggunakan gel lidah buaya ini.
Ambil sebagian lidah buaya yang setengah matang, kemudian kupas kulitnya. Haluskan gel lidah buaya dan gunakan sebagai pelembab alami di bibir dan mendiamkannya selama 20 menit. Bilas dengan air mengalir setelah 20 menit berselang.

7. Lemon

Sebagai pencerah alami, ternyata kandungan vitamin C pada lemon juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan bagian dalam daging buah lemon pada bibir setiap pagi hari. Biarkan mengering lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

8. Scrub Gula

Bibir pecah-pecah juga bisa dikarenakan sel kulit mati yang masih tertinggal di bagian bibir yang kemudian terkontaminasi oleh bakteri. Untuk mengatasinya bisa menggunakan scrub alami bibir agar sel kulit mati lebih mudah terangkat sekaligus berganti sel yang baru. Scrub gula dan minyak zaitun disarankan sebagai bahan alami penghilang bibir pecah-pecah.

Siapkan satu sendok teh gula pasir yang sedikit kasar dan satu sendok makan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut tanpa perlu dihaluskan. Gosokkan scrub gula dan zaitun pada bibir yang mengalami pecah-pecah secara perlahan, kemudian diamkan selama 20 menit saja. Setelah agak kering, bilas menggunakan air hangat kemudian lanjutkan dengan mengompres bibir menggunakan es batu. Cara ini efektif untuk mengembalikan kesegaran bibir sekaligus membuat kulit bibir lebih kencang.

9. Tomat

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan tomat

Memanfaatkan tomat sebagai pelembab alami bibir juga merupakan cara menyembuhkan bibir pecah pecah yang ampuh. Tomat mengandung vitamin A,C, dan E yang berkhasiat menjaga kelembaban bibir sekaligus memudahkan pengangkatan sel kulit mati.

10. Mentega

Bahan pembuat kue yang satu ini juga efektif untuk membantu menjaga kelembaban alami bibir yang pecah-pecah. Cukup dengan mengoleskan mentega pada bibir selama beberapa saat (15 menit), gosok perlahan bibir sambil dipijat kemudian bilas dengan air dingin sampai hilang bekas mentega. Mentega mengandung asam lemak alami untuk membantu bibir menjadi lebih lembab dan kenyal.

11. Jangan Menjilat Bibir

Menjilat bibir juga termasuk kebiasaan yang banyak dilakukan ketika tiba-tiba bibir terasa kering. Mungkin pada awalnya akan terasa nyaman, meski sebenarnya hal ini tidak dibenarkan. Menjilat bibir saat kering akan mempercepat bibir terkontaminasi oleh bakteri dalam air liur. Tidak hanya itu, kebiasaan menjilat bibir juga justru menimbulkan bibir lebih cepat terasa kering dan berwarna gelap.

12. Hindari Menghembuskan Napas Lewat Mulut

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk menghembuskan napas lewat mulut. Meskipun mulut merupakan salah satu sistem pernapasan, sebaiknya hindari kebiasaan yang demikian. Bernapas menggunakan mulut secara otomatis juga akan melewati bibir yang memicu bibir mengalami dehidrasi karena hembusan karbondioksida dari pernapasan.

13. Batasi Penggunaan Kosmetik

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan membatasi penggunaan kosmetik

Perhatikan kosmetik yang digunakan, karena tidak semua kandungan dalam kosmetik tersebut cocok untuk tipe kulit anda. Menggunakan kosmetik bibir seperti lipbalm maupun lipstick sebaiknya juga dibatasi waktu dan tidak lupa membersihkannya sebelum pergi tidur atau sudah tidak lagi dibutuhkan. Bibir yang terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia dari kosmetik juga bisa memicu kerusakan kulit.

14. Nutrisi Penting

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang juga diperlukan sebagai anjuran untuk memperbaiki kesehatan kulit, termasuk kulit bibir. Pengaruh paparan zat kimia, polusi udara dan sebagainya menjadi pemicu kulit menjadi lebih sensitif dan mudah kering. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsumsi beberapa jenis makanan yang murni mengandung vitamin serta mineral tinggi, seperti buah dan sayuran yang berwarna sebagai penyeimbang kebutuhan nutrisi untuk bibir anda.

15. Ubah Pola Hidup

Bibir yang mengalami pecah-pecah bisa disebabkan pula oleh pola hidup yang tidak sehat. Mulai dari merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kurang porsi istirahat dan sebagainya. Mencoba menerapkan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga dan menghilangkan kebiasaan merokok ataupun begadang bisa secara alami membuat proses regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat dan mudah.

Nah, demikian beberapa cara mengatasi bibir pecah pecah yang direkomendasikan untuk mengembalikan kesehatan bibir. Selain mengatasi bibir pecah-pecah, langkah alami tersebut juga efektif untuk melembabkan dan mencerahkan warna bibir. Selamat mencoba ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.