Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Wajah Kusam, Hitam Dan Kering Dengan Bahan Alami

cara mengatasi wajah kusam
Kulit wajah kusam bisa disebabkan oleh banyak faktor yang bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal yang bisa kita cegah. Sebagai wanita, tentunya kita harus lebih banyak meluangkan waktu untuk memelihara kesehatan kulit wajah yang merupakan modal utama kecantikan alami wanita.
Faktor yang Mengakibatkan Wajah Kusam. Berikut beberapa faktor penyebab wajah kusam antara lain,

  • Kegiatan di luar ruangan di mana wajah akan rentan terkena debu dan kotoran
  • Paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menyebabkan warna kulit lebih gelap dari aslinya.
  • Metabolisme tubuh yang kurang lancar bisa mengakibatkan nutrisi dan oksigen tidak diterima dengan baik oleh sel di permukaan kulit sehingga proses regenerasi sel terhambat, akibatnya terjadi penumpukan sel kulit mati.
  • Kebiasaan buruk tidak mencuci muka secara rutin atau bergantian handuk dengan orang lain juga bisa jadi faktor penyebab kusamnya kulit wajah.

Inilah Cara Mengatasi Wajah Kusam Secara Alami

Untuk menghindari kekuasaman wajah yang merugikan, Anda bisa mempraktekkan cara mengatasi wajah kusam dengan bahan alami yang bisa didapatkan di sekitar kita antara lain adalah:

1. Perbanyak minum air putih.

Hampir 70% dari bagian tubuh kita adalah cairan. Sudah bukan rahasia lagi kalau manfaat air putih sangat dibutuhkan tubuh agar semua organ berfungsi dengan baik. Air putih yang terserap maksimal akan membantu lancarnya peredaran darah serta distribusi nutrisi dan oksigen.

Dengan meminum air putih yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, organ bekerja sesuai fungsinya. Kulit sebagai organ terluar akan terjaga kelembaban sehingga kulit wajah pun akan terlihat segar dan cerah, kesan kusam akan hilang. Kebutuhan air normal untuk pria atau wanita dewasa adalah dua liter dalam sehari, Anda bisa coba tingkatkan sedikit lebih banyak, bisa mencapai tiga liter dalam 24 jam. Anda akan merasakan perubahan yang lebih baik untuk kondisi kulit. Namun perlu diingat cara ini tidak disarankan untuk penderita gagal ginjal, sebab untuk yang mengalami gejala ini, asupan air dibatasi demi kebaikan kondisinya.

2. Teh basi.

cara mengatasi wajah kusam dengan teh basi

Jika dalam keluarga Anda terbiasa mempunyai waktu khusus minum teh pada pagi atau sore hari, Anda bisa menyisihkan sebagian air teh untuk disimpan hingga esok hari. Akan lebih baik jika itu adalah “teh tubruk”, tentu saja tanpa gula.

Esok hari saat bangun tidur Anda bisa menggunakan air teh yang sudah basi tadi untuk mencuci muka. Gosok wajah dengan lembut menggunakan air teh itu. Diamkan beberapa waktu (sekitar 10 menit) hingga air tersebut sedikit mengering. Setelah itu bilas menggunakan air biasa, tanpa sabun. Anda bisa lakukan treatment ini setiap hari, selain kulit kusam menghilang wajah Anda akan terlihat lebih berseri-seri.

3. Air cucian beras.

Mencuci beras merupakan kegiatan harian yang pasti dilakukan. Biasanya kita akan membuang begitu saja air bekas mencuci beras, padahal banyak yang bisa kita manfaatkan dari air tersebut. Air cucian beras bagus untuk menghindari hama tanaman jika digunakan untuk menyiramnya. Berita baik juga buat Anda, bahwa air bekas cucian beras ternyata bagus pula jika digunakan untuk mencuci wajah secara rutin.

Kandungan pitera dari beras dipercaya membuat wajah bening, bahkan merk produk kecantikan ternama pun juga memanfaatkan kandungan ini. Hanya saja pitera hanya bisa didapatkan setelah melalui proses fermentasi. Lalu kenapa mencuci wajah menggunakan air beras bisa jadi cara mengatasi wajah kusam? Hal ini karena kandungan B kompleks yang disebut inositol. Fungsi dari inositol ini adalah membantu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat penuaan dini dan merangsang peredaran darah. Jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen diterima dengan baik oleh sel kulit sehingga kulit wajah akan tampak bercahaya, kencang serta pori-pori mengecil.

4. Air hangat.

cara mengatasi wajah kusam dengan air hangat

Kulit muka kusam biasa dimiliki oleh mereka dengan jenis kulit berminyak, sebab debu dan kandungan kotoran akan mudah menempel di permukaan kulit. Untuk mengurangi potensi buruk tersebut, Anda bisa mencoba dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku saat mencuci muka. Air hangat selain membuat peredaran darah lebih lancar juga akan membantu kulit mengontrol produksi minyak yang berlebih.

5. Masker bengkoang.

Bengkoang sangat terkenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit, banyak produk kecantikan yang memanfaatkan khasiat buah satu ini. Namun jika Anda adalah penyuka bahan yang benar-benar alami, Anda bisa membuat masker bengkoang sendiri di rumah.

Perawatan wajah kusam dengan bengkoang cukup mudah, pertama-tama kupas dan bersihkan beberapa buah bengkoang. Parut halus kemudian peras airnya, diamkan beberapa waktu hingga mengendap bagian berwarna putih (biasa disebut pati bengkoang). Nah, pati dari bengkoang inilah yang bisa Anda pakai sebagai masker wajah.

6. Masker lidah buaya.

cara mengatasi wajah kusam dengan masker lidah buaya

Tanaman satu ini juga sangat terkenal karena manfaatnya. Bahkan belakangan ini perawatan menggunakan gel lidah buaya seakan jadi trend, terutama produk yang diimpor dari Korea. Namun Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika mau mencari langsung lidah buaya segar.

Anda bisa mencuci bersih lidah buaya, mengupasnya, lalu mengambil gel dari daging lidah buaya sebagai masker. Kandungan vitamin E yang tinggi pada tanaman satu ini mampu membantu regenerasi sel-sel kulit agar kulit wajah tidak terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati.

7. Scrub jahe.

Jahe yang dikenal sebagai bahan untuk membuat minuman kesehatan. Ternyata bisa kita manfaatkan sebagai bahan perawatan wajah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dipercaya bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam.

Cara mencerahkan wajah kusam dengan jahe adalah mencuci bersih jahe, dihaluskan (bisa dengan diparut) kemudian gunakan parutan jahe tersebut sebagai “peeling” wajah, gosok memutar berlawanan arah jam. Butiran halus dari daging jahe bisa sebagai scrub alami yang lembut untuk wajah Anda. Setelah dirasakan cukup, Anda bisa membilas wajah dengan air biasa tanpa sabun. Wajah akan menghangat karena scrub jahe, hal ini bagus karena akan membantu mengontrol kelebihan minyak di wajah.

8. Putih telur.

10 Cara Mengatasi Wajah Kusam, Hitam Dan Kering Dengan Bahan Alami dengan putih telur

Telur kita tahu memiliki kandungan protein yang tinggi, tentu baik untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak di permukaan kulit. Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa ibu pasca melahirkan disarankan mengkonsumsi telur paling tidak empat butir dalam sehari agar luka persalinan cepat pulih.

Ternyata telur bisa kita pakai juga sebagai bahan untuk masker wajah agar terlihat lebih cerah, menghindari kulit kusam Dan mengencangkan kulit. Caranya adalah dengan menggunakan bagian putih telur yang sudah kita pisahkan terlebih dahulu, Anda bisa mengoleskan dengan kuas merata ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga kering (10-15menit) kemudian bilas menggunakan air hangat dengan handuk yang lembut.

9. Minyak zaitun.

Kandungan vitamin E dalam zaitun sangat tinggi, itulah sebab zaitun sangat baik bagi kulit. Vitamin E ini berguna untuk menangkal oksidasi yang merusak sel tubuh. Pilih minyak zaitun yang baik. Selain bisa diminum langsung, minyak zaitun bisa juga digunakan sebagai masker wajah untuk pelembab alami. Gunakan tipis-tipis menyeluruh pada area kulit yang diinginkan.

10. Menggunakan produk nanomist/nanospray.

Dewasa ini banyak sekali berkembang teknologi alat-alat untuk kecantikan. Salah satunya adalah nanomist/nanospray yang berfungsi untuk memecah partikel air menjadi ukuran sangat kecil sehingga air dapat terserap sempurna di kulit. Seperti namanya, cara pakai alat ini yakni dengan cara disemprotkan ke kulit.

Meskipun hasil dari inovasi teknologi namun sejatinya nanomist/nanospray ini bersifat alami sebab alat ini hanya diisi dengan air beroksigen. Jika dengan meminum air putih menghidrasi tubuh dari dalam maka nanomist/nanospray ini membantu kulit terhidrasi dari luar.

Walaupun sama-sama menggunakan air semprotan nanomist/nanospray berbeda dari cuci muka, jika cuci muka hanya membasahi kulit pada permukaannya, nanomist/nanospray ini membasahi wajah hingga lapisan kulit dalam. Seperti kita ketahui jika kulit terjaga kelembabpannya maka kulit akan terlihat lebih segar dan cerah. Cukup sederhana bukan?

Beragam cara perawatan alami ternyata bisa kita dapatkan dengan mudah. Terutama tentang cara mengatasi wajah kusam, selain lebih aman untuk kesehatan Anda tentu akan lebih menghemat biaya untuk kegiatan satu ini. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.