Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

7 Cara Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan Yang Terbukti Berhasil

cara mengencangkan perut setelah melahirkan

Perempuan yang baru menjadi seorang ibu mungkin ada beberapa ekspektasi yang sering orang pasang pada mereka beberapa saat setelah melahirkan. Bahwa ibu baru harus segera kembali kepada berat badannya sebelum mengandung dan sebagainya. Sebenernya sih sah sah aja jika keinginan itu datangnya dari diri sendiri dan bukan karena adanya tekanan dari faktor luar. Nah, jika memang tertarik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan berikut ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang alami tanpa perlu melakukan prosedur medis apapun.

Inilah Cara Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan

Mengencangkan perut dapat ditempuh melalui jalan non-medis yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti memperbanyak kosnumsi air putih dan berolahraga ringan. Cara mengencangkan perut setelah kehamilan yang seperti ini tentu akan lebih direkomendasikan bagi ibu yang ingin kembali mendapatkan berat badan ideal-nya, karena setelah melahirkan tubuh kita masih memerlukan waktu untuk beradaptasi dan menjalani healing process setelah persalinan.

Dengan usaha dan konsistensi yang baik, cara mengencangkan perut setelah melahirkan dibawah ini akan menjadi langkah efektif dalam menjaga tubuh untuk tetap berada di berat badan ideal kamu!

1. perbanyak konsumsi air putih

cara mengencangkan perut setelah melahirkan dengan perbanyak konsumsi air putih

mungkin yang satu ini sudah sering kita dengar, nih. Air putih memang terbukti ampuh dalam menyelesaikan berbagai masalah seperti masalah kulit, ginjal, dan salah satunya masalah berat badan terutama di percaya sebagai salah satu cara melangsingkan perut setelah melahirkan. Kenapa bisa? menurut ketua Indonesian Hydration Working Group (IHDG), Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG-KFER air putih dapat membantu kita dalam mengurangi konsumsi gula.

Kita seringkali menyalahartikan stress sebagai pertanda bahwa kita lapar dan butuh mengkonsumsi makanan dengan kalori atau kadar gula tinggi, padahal sebenarnya cukup dengan meminum air putih rasa ‘lapar’ tersebut akan segera hilang. Untuk dapat mengencangkan perut utamanya dibutuhkan untuk mengurangi kalori dalam jumlah besar, oleh karena itu coba deh, ditahan keinginan ngemilnya dan konsumsi lebih banyak air putih.

2. perbanyak makanan yang mengandung protein

cara mengencangkan perut setelah melahirkan dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein

kenapa protein penting dalam usaha mengencangkan perut? karena salah satu dari bentuk protein adalah kolagen. Kolagen merupakan dasar dari tulang, kulit, urat, dan ligamen. Kolagen pula lah yang membantu memberi hal hal diatas struktur dan kekuatan. Kolagen telah banyak dipercaya untuk dapat mempromosikan regenerasi kulit yang kemudian dapat mengurangi jumlah selulit.

Kolagen sendiri sebenarnya telah diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, namun jumlahnya akan semakin sedikit dengan semakin bertambahnya usia. Oleh karena itu untuk menambah asupan kolagen dibutuhkan makanan berprotein seperti daging, ayam, dan sebagainya.

3. dibandingkan diet, memilih makanan yang seimbang dapat jadi opsi yang lebih baik

dibutuhkan asupan makanan yang cukup untuk dapat menghasilkan asi yang baik bagi bayi dan asupan tersebut tidak akan dapat terpenuhi dengan melakukan diet ketat. Dibandingkan mengkompromikan kualitas asi untuk menurunkan berat badan lebih baik memilh makanan dengan nutrisi yang seimbang. Seperti mengkonsumsi ikan dengan omega 3 yang tinggi seperti salmon, sayuran polong2an, dan yogurt beku sebagai cemilan. Dengan begitu asi akan tetap terjaga dan berat badan juga tidak akan semakin bertambah.

4. Tidur siang

cara mengencangkan perut setelah melahirkan dengan tidur siang

mungkin terdengar aneh, bagaimana tidur siang dapat menjadi cara mengencangkan perut setelah melahirkan? tidur siang dapat membantu mengurangi berat badan karena dengan siklus tidur yang dialami oleh ibu yang baru melahirkan dimana ia dituntut untuk tidur hanya beberapa jam atau bahkan tidak mendapat porsi tidur malam sama sekali, tidur siang sebenarnya sangat dibutuhkan.

Siklus tidur yang berantakan dapat menyebabkan metabolisme tidak bekerja dengan maksimal yang akan mempersulit proses penurunan berat badan setelah melahirkan.

5. Bergerak dan melakukan olahraga ringan

ibu yang baru melahirkan tidak seharusnya melakukan segala jenis aktivitas berat selama 6 minggu setelah proses persalinan, dan waktu yang lebih lama dibutuhkan khususnya bagi yang menjalani prosedur melahirkan sesar. Tapi terbukti olahraga kecil seperti jogging beberapa menit dan pasang target untuk jogging lagi pada kebesokan harinya. Selain jogging, sekedar berkeliling komplek dengan berjalan kaki atau sembari mendorong stroller juga terbukti ampuh untuk membantu proses penurunan berat badan dan sekaligus mengencangkan perut.

Perlu diingat nih, dibutuhkan kesabaran dalam meraih berat badan ideal dan tidak semestinya kita merasa terburu buru atau merasa memiliki tuntutan untuk dapat meraih target berat badan dalam jangka waktu singkat. Kita harus ingat nih bahwa setelah melahirkan prioritas utama adalah bayi dan kesehatan ibu, oleh karena itu jangan dipaksakan, olahraga sesuai dengan kemampuan kamu.

6. Hindari makanan olahan

cara mengencangkan perut setelah melahirkan dengan menghindari makanan olahan

makanan olahan memiliki jumlah lemak jenuh, gula, kadar garam, juga kalori yang tinggi yang tentu dapat menghambat proses penurunan berat badan. Makanan olahan termasuk sereal, kue box, keripik kentang dan sebagainya merupakan makanan yang umumnya diasosiasikan dengan kebiasaan makan yang bersifat adiktif. Sadar kan, baggimana kita bisa ngabisin satu kantong keripik kentang sendirian? nah itu dia yang namanya addictive behaviours atau perilaku yang bersifat adiktif.

Gimana caranya program pengencangan perut bakal berhasil kalau misalnya lemari dan kulkas kita isinya makanan olahan semua, meski dapat dipahami kenapa makanan olahan menjadi salah satu produk utama yang ada di setiap rumah karena memang aksesibilitas dan pemasaran yang menjadikan kita condong membeli produk olahan daripada produk segar.

Tapi para dokter lebih menyarankan bagi kita untuk membeli produk yang segar nih, dimana produk itu belum diolah dalam bentuk apapun. Sebenarnya dari segi harga kan lebih murah beli sayuran segar toh daripada sayuran yang sudah diolah dalam bentuk kaleng? makanya lebih baik kita mulai mengubah kebiasaan makan makanan olahan dan menggantinya dengan produk produk segar.

7. melakukan resistance training

resistance training atau latihan beban merupakan jenis olahraga yang digunakan untuk melatih massa otot. Tentu jenis olahraga seperti ini tidak dapat langsung diaplikasikan sebulan setelah melahirkan, dibutuhkan masa bagi ibu untuk memulihkan diri dari proses persalinan. Tapi begitu sudah sampai pada minggu ke 6 dan berkonsultasi dengan dokter, resistance training dapat menjadi pertimbangan untuk mengurangi berat badan dan mengencangkan perut.

Nah, beberapa cara mengencangkan perut setelah melahirkan tadi memang terdengar cukup strict dan memakan banyak waktu dan usaha, ya? tapi, dengan dedikasi yang baik cara cara diatas terbukti ampuh lho dalam mengencangkan perut. Namun meski tips diatas merupakan cara cara alami tanpa menggunakan kimia atau prosedur medis, kamu tetap harus ingat nih bahwa dibutuhkan kesabaran untuk bisa mencapai berat badan ideal yang kita inginkan.

Bertambahnya berat badan dan mulai mengendurnya bagian perut setelah persalinan adalah hal yang wajar dan alamiah, kita harus memberi waktu bagi tubuh untuk dapat kembali fit dari 9 bulan mengandung apalagi ditambah dengan proses persalinan yang cukup intens.

Meski efektif, cara mengecilkan perut pasca melahirkan seperti diatas tetap harus kamu aplikasikan sesuai kebutuhan dan kemampuan fisik kamu, ya. Selamat mencoba!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.