Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Berlubang Dengan Cepat Dan Ampuh

cara menghilangkan bekas cacar air

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan penyakit ini juga dipercaya bisa menyerang semua orang, sekali dalam seumur hidupnya. Kebanyakan penderita cacar air adalah anak-anak. Salah satu gejala cacar air adalah timbulnya bintil yang berisi cairan. Bintil tersebut tentunya bisa sembuh, namun tidak jarang setelah sembuh bintil malah akan membekas dan menyebabkan noda secara permanen.

Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Alami

Nah, bila Anda mengalami masalah kulit akibat cacar air, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas cacar air secara alami. Antara lain:

1. Gel lidah buaya

Gel yang terdapat di dalam daun lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Gel tersebut biasanya juga sering digunakan untuk menjaga kesehatan rambut karena memang manfaatnya yang bisa membuat rambut tetap hitam dan kuat. Namun selain itu, gel lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk mengobati bekas cacar air.

Cara memanfaatkannya, pertama Anda harus mencari daun lidah buaya yang sudah tua namun tidak terlalu tua. Kemudian belah daunnya, dan ambil gelnya. Oleskanlah gel tersebut pada noda bekas cacar air, diamkan selama 15 menit sebelum Anda membersihkannya kembali. Mendiamkan selama 15 menit sangat berguna untuk membuat kandungan di dalamnya gelnya bisa meresap ke dalam kulit dan kandungannya bekerja secara efektif.

2. Madu

cara menghilangkan bekas cacar air dengan madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang berasal dari lebah. Cairan ini sangat terkenal akan khasiatnya untuk berbagai macam masalah yang terjadi pada tubuh, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, seperti noda bekas cacar air. Ya, secara efektif madu dipercaya mamu mengangkat noda bekas jerawatan ataupun cacar air. Bahkan pemakaian secara rutin juga bisa membuat wajah tampak lebih sehat dan lembab sepanjang waktu.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan madu pada bagian noda cacar airnya. Bila sudah dioleskan jangan dulu dibasuh ya, Anda harus mendiamkannya selama 15 menit agar kandungannya bisa meresap dan bekerja. Melakukan cara ini degan sering juga sangat dianjurkan dan tidak akan memberikan efek samping yang buruk.

3. Air lemon atau jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis merupakan sama-sama jenis jeruk yang memiliki manfaat besar karena kandungan di dalamnya. Ya, di dalam kedua buah tersebut terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Dengan kandungan tersebut, secara alami dan efektif, Anda bisa menghilangkan noda bekas cacar air. Selain itu, lemon juga bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah kembali dan menutrisinya sepanjang waktu.

Anda hanya perlu mengambil sari lemon dan jeruk nipis, kemudian mengoleskannya pada noda bekas jerawat. Atau bila mau mengkonsumsinya juga tidak apa-apa, ini akan membantu mengatasi masalah noda yang Anda alami dari dalam tubuh langsung. Namun bagi yang mempunyai asam lambung sebaiknya hanya menggoleskannya saja, sebab bisa berbahaya pada kesehatan lambung.

4. Air kelapa

cara menghilangkan bekas cacar air dengan air kelapa

Air kelapa sudah sangat terkenal akan khasiatnya, terutama untuk meredakan dehidrasi. Namun selain itu, ternyata air kelapa juga mampu menghilangkan noda bekas cacar air pada pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Anda hanya perlu mengoleskan airnya saja pada bekas cacar, tunggu sampai kering, dan lakukan caranya secara berulang.

5. Olahan daun sirih

Tanaman herbal daun sirih juga sudah sangat terkenal akan khasiatnya dan memang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk kebersihan miss V. Namun selain itu, daun sirih juga ternyata secara ampuh dan efektif mampu menghilang bekas cacar air.

Anda hanya perlu menyiapkan 4 lembar daun sirih, kemudian mencampuraknnya dengan tanaman temu sore serta daun dlingo dan juga bangle serta jintan. Haluskan semua bahannya lalu tambahankan sedikit air. Bila sudah tercampur semuanya, lalu peras air sarinya. Nah, air perasannya tersebutlah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda cacar air.

6. Jagung muda

cara menghilangkan bekas cacar air dengan jagung muda

Jagung muda? Mungkin terdengar aneh bagi yang belum mengetahui kalau makanan ini bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bekas cacar air. Karena yang diketahui bahwa jagung hanya bisa mengenyangkan saja karena mengandung banyak serat. Namun ternyata khasiatnya lebih daripada itu. Jagung muda bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda bekas cacar air. Anda hanya perlu memarut jagung mudanya kemudian mengoleskannya langsung pada noda bekas cacarnya.

7. Jus mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang memiliki bau sangat menyengat, sehingga tidak heran banyak sekali yang tidak menyukainya. Namun, ternyata di balik baunya tersebut, mengkudu menyimpan banyak sekali manfaat termasuk untuk menghilangkan noda bekas cacar air. Anda bisa menjadikan mengkudu sebagai jus yang bisa diminum langsung. Caranya dengan memarut mengkudu kemudian mencampurkannya dengan air hangat, tambahkan juga gula dan madu agar memberikan efek rasa manis. Saat meminumnya, tahan saja baunya. Jangan diminum sedikit-sedikit ya, langsung saja teguk sekali minum agar tidak terlalu terasa baunya.

8. Kacang hijau

cara menghilangkan bekas cacar air dengan kacang hijau

Cara menghilangkan bekas cacar air secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kacang hijau. Cara penggunaannya juga tidak terlalu sulit. Pertama, Anda perlu menyiapkan kacang hijaunya terlebih dahulu kemudian memasaknya selama 7 jam. Setelah itu, tumbuklah kacang hijaunya dan tambahkanlah air ke dalamnya secukupnya. Jangan terlalu banyak, secukupnya saja, agar kacang hijaunya tidak menjadi cair. Aduk hingga berubah menjadi pasta, kemudian oleskanlah secara merata pada wajah Anda, atau pada bagian cacar air yang terdapat di tubuh tertentu. Diamkan selama beberapa menit agar kandungannya bisa menyerap.

9. Cream jerawat

Noda cacar air biasanya akan membentuk noda hitam mirip dengan noda jerawat. Anda bisa menghilangkan noda bekas cacar air menggunakan beberapa cream yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda jerawat. Lakukanlah perawatan yang sama sampai nodanya memudar dan wajah kembali bersih serta noda cacar airnya hilang.

10. Membuat pasta jintan hitam

Jintan hitam mempunyai khasiat yang bisa memberikan manfaat besar untuk penderita cacar air. Terutama, karena jintan mampu menghilangkan noda bekas cacar air. Yang Anda butuhkan adalah 1 buah dilingo, 3 daun sirih, 1 buah temu sore, ½ bangle dan juga 1 sendok jintan hitam. Tumbuk semua bahannya sampai halus kemudian tambahkan air hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskanlah pastanya pada bagian noda bekas cacar. Diamkan selama beberapa menit baru bisa dibersihkan menggunakan air.

Itulah tips mudah dan cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pilihlah cara yang paling mudah agar tidak menyulitkan. Beberapa bahan alami di atas ada yang mudah didapatkan ada juga yang sulit, Anda bisa mencari yang termudah saja kemudian melakukan perawatannya secara rutin agar bisa memberikan hasil maksimal.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.