Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Mudah, Cepat Dan Terbukti Mujarab

cara menghilangkan karang gigi

Memiliki gigi yang sehat dan senyum yang menawan merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Selain gigi yang rapi, gigi yang sehat dan bersih tentu akan lebih terlihat menawan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kondisi gigi yang sehat, terutama bagi mereka yang menyadari betul pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sejak dini. Namun meski begitu, sejumlah masalah juga kerap muncul di gigi, salah satunya karang gigi yang terasa menganggu dan menimbulkan berbagai dampak buruk lainnya pada kesehatan gigi dan mulut.

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang paling umum ditemukan pada gigi, terutama pada orang-orang yang tidak secara rutin mengunjungi dokter gigi. Karang gigi merupakan tumpukan “kotoran” yang terbentuk akibat adanya sisa-sisa makanan berupa protein dan zat lainnya, di mana berbagai sisa makanan ini mengalami proses pengerasan akibat bakteri atau bahkan zat lainnya yang dikonsumsi. Karang gigi ini pada umumnya berwarna kuning kecoklatan dan menyerupai tumpukan keras yang bisa saja sulit untuk dibersihkan. Ada banyak dampak yang disebabkan oleh karang gigi, antara lain:

  • Timbulnya bau yang tidak sedap pada area mulut yang diakibatkan oleh sejumlah tumpukan kotoran (sisa-sisa makanan) yang membentuk karang gigi.
  • Adanya karang gigi pada area yang berdekatan dengan gusi akan sangat memungkinkan terjadinya peradangan pada gusi. Dalam kondisi ini, gusi bisa saja mengalami infeksi atau bahkan kondisi bernanah dan juga luka.
  • Karang gigi juga bisa mengakibatkan gigi menjadi keropos dan pada satu titik tertentu bahkan bisa membuat gigi menjadi berlubang.
  • Terjadinya kerusakan pada jaringan gusi, di mana berbagai bakteri yang terdapat di dalam karang gigi mencoba memasuki gusi dan menimbulkan berbagai masalah pada area tersebut.
  • Menimbulkan kesulitan dalam mengunyah makanan.

Berbagai masalah yang ditimbulkan karang gigi di atas tentu patut untuk dihindari. Jika gigi sudah terlanjur berkarang, maka mulailah lakukan berbagai tindakan untuk mengatasi karang gigi tersebut. Tidak harus selalu mengunjungi dokter dan menggunakan berbagai obat-obatan, karang gigi ini juga bisa dihilangkan dengan mudah dan cara alami saja.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat

Simak beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami berikut ini, sehingga gigi sehat dan masalah bebas karang gigi:

1. Menggosok gigi dengan cara yang tepat

cara menghilangkan karang gigi dengan menggosok gigi dengan tepat

Meski menggosok gigi, kebanyakan orang justru memiliki karang gigi. Hal ini sangat mungkin terjadi akibat cara menggosok gigi yang tidak tepat dan sesuai aturan. Menggosok gigi secara bertahap pada satu sisi dan dilanjutkan dengan sisi lainnya merupakan cara yang paling tepat, di mana semua bagian gigi bisa dibersihkan secara maksimal. Selain itu, menggosok gigi minimal 2 kali sehari merupakan hal yang tak boleh diabaikan, terutama sesaat sebelum tidur. Luangkanlah waktu untuk selalu menggosok gigi secara teratur dan benar, agar tumpukan karang gigi bisa diatasi dengan baik.

2. Pakai pasta gigi khusus

Selain cara dan frekuensinya, memilih pasta gigi yang tepat adalah hal lainnya yang tidak bisa diabaikan saat menggosok gigi. Pilihlah pasta gigi khusus yang bisa mengatasi karang gigi, sehingga kondisi gigi menjadi lebih bersih setiap harinya. Jika digunakan secara teratur dan tepat, maka produk ini akan mengatasi masalah karang gigi dengan mudah.

3. Minum air putih yang cukup setelah makan

cara menghilangkan karang gigi dengan minum air putih cukup setelah makan

Adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal setelah makan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi juga bisa dilakukan dengan mengatasi berbagai sisa makanan ini sejak awal. Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setelah makan, sehingga berbagai sisa makanan di gigi bisa diminimalisir dengan baik. Selain itu, air putih ini tentu akan sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan, bukan?

4. Batasi konsumsi tepung dan gula

Berbagai makanan yang megandung tepung dan gula merupakan salah satu yang paling sering menumpuk dan membentuk karang gigi. Batasi konsumsi kedua bahan makanan ini, terutama jika setelah memakannya tidak bisa langsung gosok gigi. Berbagai makanan yang mengandung banyak gula merupakan salah satu masalah terbesar pada gigi, termasuk memicu terbentuknya karang gigi.

5. Makan jambu biji

cara menghilangkan karang gigi dengan makan jambu biji

Selain lezat dan segar, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan baik bagi tubuh. Buah yang satu ini bisa diandalkan untuk mengatasi karang gigi, sebab sejumlah zat didalamnya efektif meluruhkan permukaan karang gigi dengan cepat. Makan dan kunyah buah jambu ini setidaknya 2-3 kali sepekan, maka masalah karang gigi akan teratasi dengan mudah. Pastikan semua bagian gigi yang berkarang terkena jambu biji, sehingga seluruh karang gigi bisa luruh dan gigi kembali bersih bebas karang.

6. Cuka putih

Cuka putih juga bisa diandalkan untuk membersihkan bagian gigi, termasuk yang berkarang. Campurkan 1 sendok makan cuka putih dengan segelas air hangat dan gunakan cairan ini utuk berkumur selama beberapa detik. Gunakan cara ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

7. Cengkeh dan minyak zaitun

Sejak lama buah cengkeh dipercaya sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh. Selain meredakan nyeri pada gigi, buah cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah karang gigi. Cukup ambil 1 sendok makan buah cengkeh yang telah dihaluskan, lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan ini menjadi adonan dan gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi. Pasta ini akan mengatasi berbagai masalah pada gigi, seperti peradangan dan bahkan karang gigi yang membandel. Agar hasilnya maksimal, cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

8. Teh hijau

cara menghilangkan karang gigi dengan teh hijau

Dikenal sebagai antioksidan yang ampuh, teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai noda pada tubuh, termasuk pada bagian gigi. Rebus satu kantong teh hijau dengan 2 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Biarkan sebentar hingga menjadi hangat-hangat kuku. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur selama satu 30 detik, lalu buang. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali dalam sepakan, agar karang gigi segera bisa dihilangkan.

9. Baking soda dan garam

Jika karang gigi telah sangat mengganggu dan cukup tebal, maka baking soda akan menjadi pilihan yang tepat. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok teh garam dan aduk rata kedua bahan tersebut. Terapan pada sikat gigi seperti pasta dan gunakan untuk menyikat bagian gigi yang berkarang. Lakukan hal ini 1 kali dalam seminggu saja, maka gigi akan bersih.

10. Kulit jeruk

Bukan hanya buahnya, bagian kulit jeruk ini juga ampuh mangatasi masalah noda. Ambil kulit jeruk dan oleskan bagian dalamnya yang berwarna putih pada karang gigi. Jangan dibilas, biarkan semalaman, agar karang gigi bisa hilang dan gigi kembali bersih.

Jaga kesehatan gigi dan periksalah secara rutin

Karang gigi merupakan masalah gigi yang kerap terjadi, bahkan tanpa disadari. Penting untuk segera mengatasi hal ini dengan baik. Upayakan untuk selalu menjaga kesehatan gigi sepanjang waktu, sehingga gigi tetap sehat dan bebas karang. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi secara rutin, agar gigi tidak mengalami masalah dan juga kerusakan.

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan di rumah dengan mengandalkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan. Lakukan pembersihan karang gigi secara rutin, agar gigi tetap sehat dan terjaga.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.