Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Dan Leher Dengan Cepat Dan Alami

cara menghilangkan kutil di wajah Kulit merupakan sebuah bintil yang muncul dan disebabkan oleh virus bernama HPV. Virus tersebut cukup mudah berkembang, apalagi bila dalam kondisi ruangan yang lembap. Sementara itu, kemunculannya juga bisa pada area kulit mana saja. Tidak terkecuali pada wajah. Bila sudah timbul kutil pada wajah, itu bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri.

Inilah Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Yang Ampuh Dan Aman

Beberapa obat penghilang kutil memang banyak beredar di pasaran. Meskipun harganya murah, penggunaan obat kimiawi tentu berdampak pada kulit, yang biasanya meninggalkan bekas kehitaman. Untuk Anda yang ingin aman mengatasi kutil di wajah, penggunaan bahan alami sangat disarankan. Berikut beberapa cara menghilangkan kutil di wajah memanfaatkan bahan rumahan, antara lain:

1. Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung enzim proteolitik yang sangat bermanfaat terutaman untuk menghancurkan kutil. Anda hanya perlu menghaluskan buah nanasnya terlebih dahulu kemudian menempelkannya langsung pada bagian kutilnya. Namun sebelumnya, pastikan juga kalau nanasnya pilih yang masih muda ya. Diamkan nanas pada kutil selama setengah jam akan kandungan di dalamnya bisa bekerja dengan maksimal. Baru setelah itu, Anda bisa langsung membasuh kutinya menggunakan air hangat, atau dilap menggunakan handuk.

2. Tumbukan bawang merah

cara menghilangkan kutil di wajah dengan bawang merah

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan tumbukan bawnag merah. Jenis bawang ini dipercaya bisa membasi adanya virus penyebab kutil secara alami. Namun, saat mengoleskannya, Anda akan sedikit merasa kepanasan. Cara pengaplikasian bawang merah pada kutil, bisa dengan ditumbuk terlebih dahulu kemudian dioleskan pada kutilnya, atau bisa diiris saja kemudian tempelkan irisannya pada bagian kutil di wajah. Diamkan selama setengah jam agar virus yang menyebabkan kutil bisa hilang.

3. Gel lidah buaya

Bila membelah daun lidah buaya, Anda akan mendapatkan lendir atau gelnya. Nah, gel tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kutil pada wajah. Caranya adalah dengan mengambil gelnya, kemudian oleskan saja langsung pada kutil di wajah. Anda bisa melakukan cara ini dengan teratur agar kutil bisa cepat hilang.

4. Batu apung

cara menghilangkan kutil di wajah dengan batu apung

Bila ingin menghilangkan kutil pada wajah secara alami, Anda membutuhkan kesabara yang ekstra. Karena cara alami tidak secepat cara medis. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutil adalah dengan mengusapkan batu apung pada kutil, saat prosesnya Anda akan merasa sakit, namun cara ini terbilag cukup ampuh. Setelah digosok, tekanlah kutil dengan kapas selama 10 menit. Cara ini secara perlahan bisa membantu menghilangkan adanya kutil pada wajah.

5. Baking powder dan minyak kaspor

Anda juga bisa coba mengoleskan baking powder yang sudah dicampurkan dengan minyak kaspor pada wajah Ada. Tutuplah olesannya menggunakan plester semalaman. Setelah itu, keesokan harinya Anda bisa mengoleskannya kembali. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya bisa bekerja dengan maksimal.

6. Cuka apel

cara menghilangkan kutil di wajah dengan cuka apel

Ada banyak jenis cuka, namun yang bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan kutil adalah cuka apel. Cuka apel juga sangat cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit. Agar bisa menghilangkan adanya kutil pada wajah, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok teh air, perbandingannya 1:1. Setelah itu, langsung saja mengoleskan cukanya pada kulit yang terserang kutil. Bila di bagian kulit lain juga terdapat kutil, Anda bisa mengoleskannya kembali.

Pemakaian cuka apel juga terbilang aman dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit seperti cuka lainnya. Tingkat keasaman yang ada pada cuka apel sangat sesuai dengan semua jenis kulit, sehingga bila dilakukan secara rutin bisa mengangkat kutil dan menghilangkan virus yang menyebabkan kutilnya. Sementara itu, bila saat membersihkan kutil Anda menemukan jerawat pada wajah, Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan jerawat. Ini karena kandungan asam laktat dan malat yang ada di dalam cuka apel sangat efektif terutama untuk mengeksfoliasi kulit.

Selain itu, cuka apel juga diperkaya oleh kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan kulit, misalnya saja seperti vitamin A, B1 atau thiamin, B2 atau riboflavin, enzim, pectin, dan juga asam amino. Dan juga, selain bisa dijadikan sebagai obat oles, Anda juga bisa mengkonsumsinya. Karena terdapat kandungan kalium, kalsium serta magnesium yang sangat menyehatkan tubuh.

Cuka apel juga diperkaya dengan kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa kandungan tersebut seperti vitamin A, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), asam amino, enzim, dan juga pectin. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, Anda juga bisa mengkonsumsi cuka apel secara langsung. Ini karena cuka apel mengandung banyak kandungan magnesium, kalium, kalsium, dan juga beta karoten yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Bawang putih

cara menghilangkan kutil di wajah dengan bawang putih

Cara menghilangkan kutil di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan pada masakan. Selain bisa menjadi penyedap, bawang putih memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pada kulit seperti kutil.

Untuk memanfaatkannya, Anda perlu menghaluskan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian olesakan pada kutil yang ada di wajah. Agar bawangnya tidak jatuh dan kandunganya bisa meresap, tutupilah kutinya menggunakan plester. Diamkan selama seharian penuh agar kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam bawang bisa meresap dan membantu mengatasi permasalahan kutil pada wajah.

Anda juga bisa menggunakan cara ini secara berulang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gantilah bawang putihnya tiap 24 jam sekali bila ingin menggunakannya kembali untuk menghilangkan kutil. Secara perlahan selama 1 minggu, bawang putih akan bekerja dengan cara mengelupas bagian kutilnya.

Sementara itu, kandungan aktif yang ada di dalam bawang putih dan secara efektif bisa mengatasi kutil adalah allicin yang mampu membunuh virus apa saja termasuk HPV penyebab kutil. Namun sebaiknya Anda juga berhati-hati, jangan telalu banyak membubuhkan bawang putih ke wajah karena bisa menyebabkan rasa panas dan menimbulkan iritasi. Gunakanlah sedikit saja.

8. Lemon

Anda juga bisa memanfaatkan buah lemon untuk menghilangkan kutil pada wajah. Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini dipercaya mampu membasmi berbagai macam kuman dan kotoran. Sehingga secara efektif lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil pada wajah. Untuk memanfaatkannya, Anda harus memeras lemon terlebih dahulu dan mengambil air atau sarinya. Setelah itu, oleskanlah pada bagian kutilnya. Lakukanlah secara rutin, 3 kali dalam sehari agar bisa bekerja secara maksimal dan kutil Anda cepat hilang.

Selain untuk kutil, sari lemon juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit terasa lembut sehingga dengan begitu kutil yang menempel pada wajah juga bisa cepat terlepas. Dengan begitu Anda juga sangat disarankan tidak hanya menggunakan sari lemon pada bagian kutil saja, namun pada seluruh wajah agar bisa memberikan nutrisi yang lebih.

9. Menggunakan selotip

Memang sih secara medis, belum ada sama sekali yang dapat membuktikan bahwa kutil bisa terangkat menggunakan selotip. Namun secara alami yang sering dilakukan masyarakat cara ini cukup bekerja untuk menghilangkan kutil yang menempel. Bahkan beberapa orang merasa puas dengan cara ini karena terbilang cukup cepat. Ini karena selotip bisa membantu untuk merespon tubuh ketika ditempelkan, dengan begitu secara langsung kutil akan tarangkat. Biarpun tidak akan instan dan harus mencobanya beberapa kali, tapi cara ini cukup bekerja. Namun, jangan terlalu memaksakan juga ya sebab selotip juga ternyata mampu mengakibatkan iritasi.

10. Kulit pisang

Pisang merupakan buah yang sangat mudah ditemukan dan banyak juga yang menyukainya. Tahukah Anda, ternyata selain pada buahnya, kulit pisang juga memiliki manfaat besar? Setelah Anda makan pisang sebaiknya jangan buang kulitnya, karena itu sangat berguna untuk kulit Anda, terutama untuk menghilangkan kutil yang menempel pada wajah. Di dalam kulit pisang terkandung sebuah enzim yang disebut proteolik. Ini merupakan enzim yang mampu menghancurkan protein sehingga secara efektif sangat bisa digunakan untuk mencerna serta melarutkan kutil yang menempel pada wajah.

Namun, sebelum Anda menggunakan pisang untuk mengangkat kutil, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu. Anda harus mengubahnya menjadi halus. Bisa denganc cara di blender atau bisa juga di ulek. Bila sudah halus, maka Anda bisa langsung membubuhkan kulit pisang tersebut pada kutil dan tutupilah menggunakan plester sehingga kulit pisangnya tidak jatuh. Lakukanlah cara ini sesering mungkin agar bisa cepat menghilangkan kutil pada wajah, Kulit pisang juga bisa menutrisi kulit dan membuatnya tampak lebih cerah serta lembap. Jadi, selain fokus pada kutil, Anda juga bisa menempelkan bubur kulit pisangnya pada wajah dan dijadikan masker. Ini akan bekerja secara alami dan efektif untuk membuat wajah Anda tanpa segar dan sehat kembali.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutil di wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. tips di atas tidak terlalu sulit dan bahannya pun mudah ditemukan. Anda bisa memilih cara mana yang dirasa cocok kemudian lakukan secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Ingat, cara alami memang akan memakan waktu lama jadi Anda harus sedikit bersabar sampai kutilnya terangkat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.