Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mengobati Asam Urat Dengan Cepat, Tradisional Dan Terbukti Mujarab

cara mengobati asam urat

Asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang populer dan banyak dibicarakan belakangan ini. Tingginya jumlah penderita asam urat di Indonesia tentu menjadi salah satu penyebabnya. Bukan hanya orangtua saja, namun asam urat juga bisa menyerang orang yang masih berusia produktif, bahkan sejak usia 30-an. Dibandingkan dengan wanita, penyakit yang satu ini pada umumnya lebih rentan diderita olah pria.

Asam urat merupakan penyakit yang kerap kambuh di pagi hari atau bahkan malam hari dan menyerang bagian persendian tubuh, seperti: siku, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari kaki, dan yang lainnya. Hal ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada bagian-bagian tersebut dalam bentuk rasa ngilu, kesemutan, linu, atau bahkan pembengkakan. Hal ini tentu akan terasa sakit dan mengganggu, mengingat asam urat bisa saja kambuh untuk waktu yang cukup panjang, yakni antara 3 hingga 10 hari berturut-turut.

Dalam konsisi yang parah dan memburuk, asam urat bisa saja menimbulkan masalah yang lebih serius, di mana pasien mengalami rasa nyeri yang luar biasa dan tidak bisa berjalan atau bahkan mengerakkan tubuhnya. Hal ini tentu bisa memicu komplikasi lainnya yang lebih serius, termasuk terjadinya pengapuran pada tulang. Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat adanya penumpukan zat purin di dalam tubuh, di mana zat tersebut tidak dibutuhkan dan tak bisa diproses dengan baik oleh tubuh. Pada kenyataannya, tubuh manusia bisa memenuhi kebutuhan zat purin ini hingga 85% dan 15% sisanya diambil dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Artinya, jika zat purin yang dikonsumsi melebihi kebutuhan yang 15% tersebut, maka akan terjadi penumpukan di dalam tubuh dan mengakibatkan timbulnya asam urat.

Makanan Penyebab Asam Urat

Ada banyak makanan yang bisa memicu timbulnya asam urat ini, beberapa di antaranya seperti berikut:

  • Berbagai makanan yang diolah menggunakan santan dan mengandung lemak, termasuk yang digoreng.
  • Berbagai jenis kacang-kacangan.
  • Sayuran, seperti: daun singkong, kembang kol, bayam, buncis, kangkung, dan yang lainnya.
  • Berbagai makanan produk olahan susu, seperti: keju, yoghurt, es krim.
  • Daging merah dan jeroan.
  • Seafood.
  • Buah-buahan, seperti: kelapa, nanas, dan juga durian.

Jika melihat dampak yang ditimbulkan asam urat, jelas penyakit ini sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, ada cara mengobati asam urat yang bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan alami yang juga mudah ditemukan. Tingkat kesembuhan ini tentu akan sangat tergantung pada tingkat keparahan asam urat itu sendiri.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati asam urat dengan cepat dan mudah, antara lain:

1. Hindari makanan pemicu asam urat

cara mengobati asam urat dengan menghindari makanan pemicu asam urat

Jika melihat penyebabnya yang kebanyakan diakibatkan oleh penumpukan zat purin, maka menghindari berbagai makanan yang mengandung zat tersebut adalah pilihan terbaik untuk mengobati penyakit asam urat ini. Hindari berbagai makanan yang bisa memicu timbulnya asam urat, terutama untuk konsumsi dalam jumlah yang besar. Hal ini akan secara otomatis mengurangi penumpukan zat purin di dalam tubuh dan menghilangkan asam urat.

2. Konsumsi madu hitam

Madu hitam yang berasal dari nectar mahoni atau bahkan kopi memiliki kandungan alkaloid yang tinggi. Zat ini akan sangat membantu mengatasi asam urat, sebab mengandung antibiotik dan juga anti infeksi yang tinggi. Konsumsi cairan kental ini secara teratur, setidaknya 2 hingga 4 sendok setiap harinya.

3. Daun sirsakcara mengobati asam urat dengan daun sirsak

Dikenal sebagai daun yang ampuh mengatasi berbagai penyakit, daun sirsak memang kaya akan serat, vitamin A, B, dan C, serta berbagai macam mineral lainnya, seperti: kalsium danpottasium. Kandungan daun sirsak akan ampuh mengatasi asam urat. Cukup rebus 15 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air, biarkan hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan ini 1-2 kali sehari, agar asam urat bisa diatasi.

4. Lakukan olahraga secara teratur

Gerakan tubuh yang aktif juga bisa mengurangi asam urat, terutama bagi mereka yang memiliki berat badan terlebih dan resiko asam urat yang lebih tinggi. Lakukan olahraga secara teratur, setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sepekan, sehingga berbagai racun di dalam tubuh bisa luruh melalui keringat.

5. Makan teratur dan konsumsi sayuran sehat

Pola makan yang tidak sehat juga bisa memicu kambuhnya asam urat. Hindari hal ini dengan baik, yakni dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dan teratur. Selain itu, konsumsilah berbagai sayuran sehat dan baik bagi tubuh.

6. Jahe merah

cara mengobati asam urat dengan jahe merah

Tak hanya dikenal sebagai bahan minuman, jahe merah ini juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk asam urat. Kandungan zingiberol, gingerol, kurkumen, dan yang lainnya pada jahe merah, dapat mengatasi asam urat dengan cepat. Rebus 2 hingga 3 ruas jahe merah dengan menggunakan 2 gelas air, biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Minumlah air rebusan ini 2 hingga 3 kali sehari.

7. Daun binahong

Daun ini memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan, seperti:minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, vitamin C, dan yang lainnya. Untuk mengatasi asam urat, rebuslah 20 lembar daun binahong muda dengan 8 gelas air, dan biarkan hingga tersisa 3 gelas saja. Minumlah dan habiskanlah air rebusan daun binahong ini dalam satu hari, 3 hingga 5 kali dalam sepekan.

8. Sirih merah

Daun yang memiliki aroma khas ini juga mengandung banyak zat yang ampuh mengatasi asam urat, seperti: minyak atsiri,allylprokatekol, eugenol,alkaloid, cineole, dan yang lainnya. Ambil 10 lembar daun dan 10 sentimeter batang sirih merah, iris menjadi kecil-kecil. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa ½ gelas saja. Minum air ini sekali sehari, agar asam urat bisa sembuh.

9. Minum air putih

Air putih akan melancarkan peredaran darah dan juga distribusi zat lainnya di dalam tubuh, termasuk zat purin yang menjadi penyebab asam urat. Konsumsilah setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya, agar masalah asam urat bisa diatasi dengan baik.

10. Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan juga sangat rentan untuk memicu asam urat. Turunkan berat badan hingga ideal, agar asam urat bisa berkurang atau bahkan hilang. Lakukan penurunan berat badan ini dengan sehat, misalnya dengan olahraga atau bahkan diet sehat.

11. Daun kumis kucing

cara mengobati asam urat dengan daun kumis kucing

Mengandung minyak atsiri,garam kalium, flavonoid, dan yag lainnya, kumis kucing bisa mengatsi asam urat dengan cepat. Rebus satu genggam daun kumis kucing kering dengan 2 gelas air, dan biarkan hingga tersisa ½ gelas saja. Minum air rebusan ini 1 hingga 2 kali dalam sehari.

12. Minyak zaitun

Cara mengobati asam urat dengan menggunakan minyak zaitun menjadi salah satu yang paling simpel, yakni cukup dengan mengkonsumsi langsung 1 sendok minyak zaitun sebelum makan di pagi dan malam hari.

Jalankan pola hidup sehat dengan makanan yang sehat
Asam urat termasuk penyakit yang muncul akibat pola hidup dan pola makan yang tidak berimbang. Atasi penyakit yang satu ini dengan tepat, yakni dengan menjalankan pola hidup sehat dan seimbang. Selain pengobatan, konsumsi makanan sehat dan sesuai kebutuhan, agar penyakit asam urat bisa dihilangkan.

Cara mengobati asam urat bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan alami (helbal). Namun selain itu, menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat adalah kunci penting untuk menyembuhkan asam urat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.