Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengurangi Keringat Berlebih Dan Bau Badan Dengan Mudah

cara mengurangi keringat berlebih

Kadar keringat berlebihan merupakan sebuah kondisi yang membawa ketidaknyamanan tersendiri. Keringat yang berlebihan tidak hanya termasuk sebagai gangguan kesehatan, tetapi juga mengurangi tingkat kepercayaan diri. Banyak orang yang mengalami keringat berlebihan menggunakan parfum atau deodorant untuk mengurangi kadar keringat tersebut. Akan tetapi, cara mengurangi keringat berlebih dengan menggunakan deodorant masih terbilang bukan langkah yang efektif.

Inilah Cara Mengurangi Keringat Berlebih Yang Ampuh

Salah satu masalah kesehatan yang ditandai dengan keluarnya keringat berlebihan adalah hiperhidrosis. Namun, bisa juga keringat berlebihan muncul karena gugup, stres atau kondisi psikis lainnya. Lantas, bagaimana mengatasi keringat berlebihan? Beberapa cara mengurangi keringat berlebih berikut ini bisa dilakukan!

1. Cendana Putih

Bila anda mudah menemukan bubuk cendana putih, maka masalah keringat berlebih akan mudah untuk diatasi. Bubuk cendana putih mengandung enzim penting yang berguna sebagai penyerap kelembaban ekstra dari kulit. Campurkan satu sendok makan bubuk cendana putih dengan air mawar dan perasan lemon menggunakan takaran yang seimbang. Adonan yang berbentuk pasta tersebut bisa dioleskan pada bagian tubuh yang berkeringat sampai dibiarkan mengering. Setelah kering, bilas menggunakan air hangat dan lakukan treatment ini setiap hari untuk segera melihat hasilnya.

2. Minyak Pohon Teh

cara mengurangi keringat berlebih dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung antifungi yang akan membantu tubuh mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Dengan memanfaatkan minyak pohon teh, masalah keringat berlebih juga akan hilang berikut bakteri atau kuman penyebab bau badan. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak pohon teh ini cukup dengan menyediakan setengah cangkir minyak pohon teh. Ambil sebagian kecil kapas dan celupkan pada minyak pohon teh tersebut. Setelah itu, temple atau oleskan ke bagian tubuh yang berkeringat.

3. Jus Tomat

Jus tomat merupakan solusi yang paling mudah dan nikmat untuk urusan keringat berlebihan. Kandungan vitamin A,C, sekaligus anti kuman pada tomat bisa membantu mengurangi keringat berlebihan serta bau badan tidak sedap. Konsumsi jus tomat setiap hari, atau boleh juga dengan mengoleskan potongan tomat di bagian tubuh yang berkeringat sebagai masker. Tumbuk halus setengah buah tomat, balurkan pada bagian tubuh anda yang mengalami keringat berlebihan. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air hingga bersih.

4. Teh hitam

cara mengurangi keringat berlebih dengan teh hitam

Kandungan antioksidan alami dalam teh hitam tergolong tinggi. Teh hitam efektif mengurangi segala masalah keringat, baik keringat berbau ataupun yang kadarnya berlebihan. Ya, manfaat ini diperoleh dari kandungan asam tanat yang terdapat di dalam teh hitam. Asam tanat merupakan astringent alami yang berguna untuk menghambat produksi keringat berlebih dari kelenjar keringat.

5. Menurunkan Berat Badan

Biasanya, keringat berlebihan muncul dari mereka yang memiliki berat badan berlebih. Oleh sebab itu, satu diantara cara mengurangi keringat berlebih adalah dengan menurunkan berat badan. Langkah menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berolah raga, diet atau menjaga pola makan tertentu.

6. Diet Makanan Pedas

cara mengurangi keringat berlebih dengan diet makanan pedas

Makanan pedas juga termasuk kategori menu yang memicu timbulnya keringat. Bagi penggemar makanan pedas, pastinya sudah tidak asing bila produksi keringat juga akan semakin meningkat. Akibatnya, muncul juga masalah keringat berlebihan tersebut. Nah, untuk penggemar makanan pedas dan ternyata mengalami masalah yang sama, sebaiknya segera melakukan diet makanan pedas untuk mengurangi produksi keringat tersebut.

7. Kentang

Kentang bisa digunakan sebagai metode untuk menghilangkan masalah keringat yang berlebihan. Biasanya, dengan menggunakan saripati kentang yang diperoleh dengan menghaluskan kentang terlebih dulu. Parut satu buah kentang ukuran sedang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Biarkan parutan kentang mengeluarkan endapan di bagian bawahnya, kemudian gunakan endapan berwarna putih tersebut untuk dioleskan pada bagian tubuh yang berkeringat. Bilas setelah 20 menit berselang dengan memakai air bersih.

8. Backing Soda

cara mengurangi keringat berlebih dengan baking soda

Backing soda ampuh untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan serta mengurangi jumlah keringat yang diproduksi. Cara menggunakan backing soda untuk mengurangi keringat adalah dengan mencampurkan backing soda sebanyak satu sendok teh dengan minyak kelapa. Aduk rata bahan tersebut kemudian oleskan pada bagian tubuh yang berkeringat. Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air bersih.

9. Lemon

Menggunakan perasan lemon sangat manjur untuk mengurangi keringat berlebihan. Lemon diperkaya kandungan vitamin C, asam sitrat yang menjadi musuh utama bakteri. Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan garam, hingga membentuk pasta untuk dioleskan di bagian tubuh yang berkeringat. Bilas setelah didiamkan selama setengah jam.

10. Konsumsi Teh Hijau

Teh Hijau sangat efektif untuk membantu masalah keringat, bau keringat ataupun keringat yang berlebihan. Teh hijau mengandung antioksidan alami yang mampu menyerap bau keringat serta mengurangi produksi keringat tersebut. Fungsi detoksifikasi dari teh hijau dibutuhkan untuk mengendalikan produksi keringat yang banyak. Cukup dengan mengonsumsi teh hijau setiap pagi dan siang hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

11. Tepung Jagung

Pergunakan tepung jagung sebagai solusi untuk mengatasi keringat yang berlebihan. Cara mengatasi keringat berlebih menggunakan tepung jagung juga mudah. Lakukan pembersihan pada area tubuh yang mengeluarkan keringat berlebih, kemudian gosokkan tepung jagung di area tersebut saat malam menjelang tidur. Biarkan satu malam, kemudian bilas saat esok harinya. Langkah mengatasi keringat berlebih dengan memakai tepung jagung ini direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari.

12. Banyak Minum Air

cara mengurangi keringat berlebih dengan banyak minum air putih

Konsumsi air yang cukup bisa membantu mengurangi kadar keringat yang berlebihan sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada keringat tersebut. Konsumsi air sebanyak 2 liter per hari, disarankan untuk ditambah bagi mereka yang mengalami gangguan keringat berlebihan.

13. Usahakan Baju dari Bahan Tertentu

Baju dengan bahan kain katun sangat disarankan bagi seseorang yang mengalami kelebihan keringat. Bahan katun mudah menyerap keringat berlebih. Tidak hanya untuk baju saja, kain katun juga direkomendasikan untuk dipakai sebagai sprei saat tidur.

14. Kelola Stres

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, stres juga bisa menjadi kendala psikis yang menyebabkan keringat berlebihan di tubuh. Untuk itu, penting mengelola stres agar terhindar dari produksi keringar yang berlebihan tersebut. Kelola stres dengan beberapa hal seperti liburan rutin atau melakukan hal yang memang menjadi hobi.

15. Anggur

Buah anggur mengandung antioksidan alami yang berguna untuk menyerap kelebihan hormon serta membantu mengendalikan suhu tubuh. Anggur juga bermanfaat untuk mengurangi keluarnya keringat di bagian tubuh manapun bila rajin mengonsumsinya setiap hari.
Nah, itu tadi beberapa cara mengurangi keringat berlebih yang banyak direkomendasikan. Terapkan langkah-langkah tersebut diatas untuk membantu mengatasi keringat yang berlebihan sekaligus membuat rasa percaya diri kembali datang. Selamat mencoba ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.