Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Olahraga Untuk Mengecilkan Paha Di Rumah Dengan Cepat Dan Mudah

olahraga untuk mengecilkan paha

Paha yang ramping adalah bagian dari idealnya tubuh yang proporsional. Bentuk tubuh yang proporsional jelas menjadi impian bagi kebanyakan wanita dan memiliki paha yang ramping, juga merupakan sebuah ukuran dari bentuk tubuh yang ideal. Namun, mendapatkan bentuk paha yang ramping, bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Banyak orang yang mendambakan bentuk paha ramping, berusaha untuk melakukan latihan khusus. Berbagai latihan ternyata memang disarankan untuk membantu mereka yang ingin mendapatkan paha ramping dan seksi, termasuk dengan melakukan olahraga.

Ini Dia Olahraga Untuk Mengecilkan Paha Yang Efektif

Untuk membantu memperoleh bentuk paha yang ideal bisa secara instan dengan sedot lemak ataupun minum obat pelangsing tertentu justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Beragam latihan untuk mengecilkan paha berikut ini bisa menjadi pilihan untuk yang ingin mendapatkan paha yang ramping sekaligus sehat tanpa efek samping. Mau coba?

1. Gerakan Squat

olahraga untuk mengecilkan paha dengan gerakan squet

Gerakan skuat merupakan salah satu gerakan untuk membantu mengecilkan tubuh bagian bawah, termasuk paha. Cobalah gerakan skuat di rumah setiap saat diperlukan untuk mendapatkan manfaat pembakaran lemak di area betis dan paha. Tertarik? berikut gerakannya!

  • Gerakan diawali dengan berdiri tegak, menggunakan kaki sejajar dengan bahu. Rentangkan kedua tangan ke depan, lurus.
  • Turunkan kaki hingga setengah, posisi seperti akan jongkok kemudian biarkan punggung tetap tegak. Bagian pantat diarahkan ke belakang.
  • Berdiri kembali ke posisi semula, dan ulangi beberapa kali gerakan yang sama

2. Tree Lean to Side Lunge

Gerakan berikutnya adalah Tree Lean to Side Lunge yang mampu mengurangi lemak di bagian paha sekaligus mengencangkan area pinggul dan bagian bawah tubuh. Gerakan ini juga membantu keseimbangan otot secara dinamis dan semakin kuat. Seperti apa gerakannya?

  • Gerakan diawali dengan berdiri tegak menggunakan kedua kaki serta lengan di atas kepala, posisi tegak lurus. Kemudian gerakan atau condongkan badan, layaknya pohon yang tertiup angin (boleh ke kiri atau kanan)
  • Gerakan kedua dari set ini adalah dengan melangkahkan kaki menuju sisi berlawanan. Kemudian letakkan tangan diantara paha, sambil tangan kanan menyentuh lantai. Tarik kembali hingga posisi tubuh seperti semula. Ulangi gerakan ini minimal hingga lima kali dalam satu set latihan.

3. Gerakan Gunting

olahraga untuk mengecilkan paha dengan gerakan gunting

Gerakan gunting dikenal juga dengan scissor leg plank. Disebut dengan gerakan gunting karena memang tipe latihan ini mirip dengan cara kerja gunting. Scissor Leg Plank digunakan untuk melatih otot lengan, dada, serta perut dan paha. Mau coba gerakannya?

  • Gerakan gunting diawali dengan posisi seperti push up. Usahakan punggung, kaki, dan lengan tegak serta pakailah jari kaki untuk sebagai penyokong berat badan.
  • Buka kedua kaki bersamaan, kemudian lakukan lompatan pada kaki hingga kaki melebar.
  • Tutup kembali kaki dengan melakukan lompatan hingga berada di posisi semula.

4. Frog Bend

Latihan ini disebut dengan Frog Bend yang termasuk olahraga untuk mengecilkan paha yang cukup populer di luar negeri. Latihan ini bisa untuk mengurangi timbunan lemak di bagian paha yang cukup ampuh bila dilakukan setiap hari. Seperti apa latihannya ya?

  • Gerakan dimulai dengan berbaring di lantai dengan posisi terlentang. Kemudian angkat kedua kaki hingga sejajar dengan pinggul.
  • Tekuk lutut dengan tumit yang tampak satu, biasanya untuk mengendalikan gerakan bisa digunakan otot paha. Kemudian kembalikan posisi semula dan ulangi beberapa kali.

5. Squeeze and Lift

Olahraga berikut ini juga ampuh untuk mengecilkan paha yang besar sekaligus melatih kekencangan kulit di bagian tersebut. Nama latihan ini adalah squeeze and lift, yang dalam praktiknya membutuhkan bantuan bola lembut berukuran kecil. Penasaran dengan gerakannya?

  • Gerakan dimulai dengan tubuh berada di posisi miring. Taruh bola kecil di pergelangan kaki dan jepit bola menggunakan pergelangan kaki.
  • Untuk menopang kepala, gunakan salah satu tangan anda, sedangkan tangan yang lain menopang di depan dada.
  • Lakukan gerakan dengan menjepit bola dan mengangkat kaki hingga 5 inchi dari permukaan lantai kemudian tahan beberapa hitungan.
  • Kembalikan ke posisi awal, dan ulangi gerakan ini selama 15 kali setiap satu set latihan.

6. Around the Room Froggies

Around the Room Froggies adalah gerakan yang dipakai untuk membantu mengencangkan paha dan area sekitarnya. Selain itu, olahraga untuk mengecilkan paha ini juga efektif membakar kalori berlebihan dalam tubuh. Gerakannya juga terbilang mudah dilakukan bahkan oleh pemula!

  • Gerakan dimulai dengan berdiri menggunakan kedua kaki, posisi kaki melebar dan lengan ke atas.
  • Lakukan lompatan ke atas, kemudian mendarat dengan posisi tubuh diputar ke arah sebaliknya. Saat mendarat, tubuh dalam posisi jongkok dengan kedua kaki mengarah ke luar dan kedua tangan menyentuh lantai. Ulangi gerakan dengan kembali berdiri serta melakukan lompatan.

7. Side-Lying Double Leg Lifts

olahraga untuk mengecilkan paha denga side lying

Selanjutnya latihan yang disarankan yaitu Side-Lying Double Leg Lifts. Olahraga ini dilakukan untuk membantu mengencangkan paha bagian luar. Selain mudah untuk dipraktikan, gerakan ini juga tidak membutuhkan bantuan alat. Caranya?

  • Gerakan diawali dengan berbaring di lantai dengan posisi miring.
  • Untuk menopang leher dan kepala, gunakan lengan yang diluruskan dan menempel di bagian lantai.
  • Posisikan kaki menumpuk dan kencangkan. Angkat kedua kaki dengan posisi rapat, setinggi mungkin sampai 5 detik. Ulangi gerakan selama beberapa kali dalam satu set latihan.

8. Bodyweight Lunges

Gerakan ini bisa menjadikan paha semakin indah dan ramping. Bodyweight lunges juga termasuk ringan dilakukan tanpa membutuhkan alat apapun. Selain itu, kalori dalam tubuh akan terbakar sempurna untuk membentuk betis, hamstring serta bagian kaki lainnya. Gerakannya cukup mudah!

  • Gerakan ini dimulai dengan berdiri sambil kaki dibuka selebar pinggul. Letakkan lengan di bagian sisi tubuh.
  • Usahakan agar antara dada dan punggung tetap dalam posisi tegak, kemudian langkahkan kaki ke bagian depan, salah satu kaki saja.
  • Turunkan kaki yang berada di belakang sampai sedikit bersentuhan dengan lantai, dorong kembali hingga posisinya kembali ke semula. Ulangi gerakan dengan kaki berikutnya.

9. Berlari

olahraga untuk mengecilkan paha dengan berlari

Lari termasuk jenis olahraga yang mampu membentuk otot bagian kaki dan pinggul. Untuk mengencangkan paha sekaligus membakar timbunan lemak disana, cukup dengan berlari setiap pagi dengan gerakan jogging ringan.

10. Naik-Turun Tangga

Meski bukan termasuk olahraga, namun gerakan naik-turun tangga juga efektif untuk membakar kalori di bagian kaki terutama paha. Kalori yang terbakar akan secara otomatis membentuk paha dan betis menjadi lebih ramping.

Nah, aneka jenis olahraga untuk mengecilkan paha yang dijelaskan diatas bisa diterapkan dengan mudah sekaligus aman lho! Anda yang ingin mendapatkan paha ramping dan seksi bisa juga mencobanya di rumah dengan diimbangi pola makan yang sehat untuk hasil lebih maksimal. Selamat mencoba ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.